Minggu, 25 Desember 2011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke- 1 sampai 3 (3 minggu)


I. Standar Kompetensi : 
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar
 :
Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) 
dengan menggunakan skala sederhana
III. lndikator : 
● Membaca lambang/simbol dalam peta daerah tempat
tinggalnya 
● Menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota
daerahtempat tinggalnya pada peta seperti tempat
bersejarah, pelabuhan laut/udara, dan lain-lain
● Menunjukkan daerah tempat tinggalnya (kabupaten/kota)
● Menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi tempat
tinggalnya
● Menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi tempat
tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana


IV. Materi Pokok
Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 - 3)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Tanya jawab seputar peta dan simbolnya
Siswa diajak menyanyi lagu ”Dari Sabang sampai Mereauke” 
2. Kegiatan inti
- Siswa ditugasi membaca lambang/simbol pada peta
- Menunjukkan tempat-tempat penting dalam peta
3. Kegiatan akhir
Menugasi anak maju membaca peta dan menunjukkan tempat-tempat penting
di daerah kabupaten/kota, dan provinsi tempat tinggalnya
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
- Tanya jawab tentang jumlah daerah kabupaten/kota di provinsinya
- Guru memanfaatkan peta untuk menunjukkan daerahnya
2. Kegiatan inti
- Menunjukkan daerah tempat tinggalnya
- Menunjukkan tempat ibukota daerah kabupaten/kota dan provinsinya beserta nama
daerah ibukota tersebut
3. Kegiatan akhir
Secara acak guru menugasi murid untuk menunjukkan daerah tempat tinggalnya
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Guru menunjukkan daerah tempat tinggal anak-anak
dan menyuruh murid mengamati peta yang ada di papan tulis
2. Kegiatan inti
- Guru menjelaskan langkah-langkah menggambar peta
- Murid menggambar peta dengan menggunakan skala sederhana 
3. Kegiatan akhir
Siswa ditugasi menggambar peta

VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Peta/atlas/globe dan peralatan menggambar
2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV SD Erlangga halaman 1 - 10
Buku pendamping yang relevan


VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tes
Dalam tes ini disajikan dengan tes tulis bentuk uraian
Sedangkan dalam nontes disajikan kinerja, penugasan, dan portofolio

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apakah yang dimaksud legenda pada sebuah peta?
2. Jelaskan manfaat skala dalam peta!
3. Apa artinya skala 1 : 1.000.000 dalam suatu peta?
4. Tulislah apa saja tempat-tempat penting yang ada di daerah tempat tinggalmu!
5. Tulislah langkah-langkah menggambar peta!

Nontes 
1. Kinerja : Kesungguhan anak membaca simbol/lambang dalam peta
2. Penugasan : Menunjukkankan letak tempat-tempat penting dalam peta
3. Portofolio : Menggambar peta Indonesia dengan diperbesar 2 kali


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke- 4 sampai 6 (3 minggu)


I. Standar Kompetensi :
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/
kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya 
III. lndikator :
● Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam 
● Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota 
provinsi tempat tinggalnya
● Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
● Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
● Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
● Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
IV. Materi Pokok
Kenampakan alam dan keragaman sosial budaya

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 4-6)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang nama-nama pelabuhan dan bandar udara serta kenampakan
alam lainnya yang ada di daerahnya
2. Kegiatan inti
- Menjelaskan macam-macam kenampakan alam
- Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di kabupaten/kota dan provinsi setempat
- Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang ada di daerahnya
3. Kegiatan akhir
Siswa membuat rangkuman materi
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya di daerahnya
2. Kegiatan inti 
- MenjeIaskan keanekaragaman sosial di kabupaten/kota dan provinsinya
- Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
3. Kegiatan akhir
Siswa merangkum materi pelajaran
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya di daerahnya
2. Kegiatan inti
- Mengamati peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya
- Menunjukkan tempat suku bangsa di daerahnya
- Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
3. Kegiatan akhir
Siswa menunjukkan dalam peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya

VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar kenampakan/pemandangan alam
Gambar pakaian adat
Gambar rumah adat
Gambar gunung meletus
Gambar bencana alam banjir
2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 11 - 28
Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan Nontes
Tes
 
Dalam tes ini disajikan tes tulis dalam bentuk isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ....
2. Pabrik termasuk kenampakan alam ....
3. Pemandangan alam termasuk kenampakan alam ....
4. Suku Sasak terdapat di Provinsi ....
5. Rumah gadang terdapat di daerah ....
6. Tari jaipongan ada di daerah ....
7. Masyarakat pesisir kebanyakan bekerja di bidang ....
8. Kenampakan alam di daerah pegunungan berupa ....
9. Keris sebagai senjata tradisional dari ....
10. Rumah joglo berasal dari .... 


Nontes
Disajikan dalam bentuk
1. Performance/kinerja : Siswa satu persatu maju untuk menunjukkan gunung, sungai,
danau, selat, tanjung, teluk pada peta di provinsi tempat tinggal-
nya
2. Produk/hasil : Menggambar rumah adat 
3. Penugasan : Mengerjakan latihan evaluasi/PR
4. Portofolio : Mengadakan kunjungan wisata di daerahnya kemudian membuat
laporan dan diserahkan ke gurunya

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari kelas IV 

Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke- 7 sampai 9 (3 minggu)

I. Standar Kompetensi :
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar :
Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta
pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di Iingkungan
setempat
III. lndikator :
● Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam yang berhu-
bungan dengan kegiatan ekonomi
● Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran
sumber daya alam
● Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di
Iingkungan setempat
● Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan
tempat tinggalnya
● Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
●Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya 

IV. Materi Pokok
Sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 7 - 9)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Tanya jawab yang berhubungan dengan indukator nomor 1 dan 2 pelajaran di atas 
2. Kegiatan inti
- Mendiskusikan jenis-jenis sumber daya alam 
- Menggunakan peta untuk menunjukkan tempat-tempat penghasil sumber daya
alam dan persebarannya
3. Kegiatan akhir
Menunjukkan dalam peta jenis-jenis sumber daya alam dan persebarannya
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Tanya jawab pelajaran minggu lalu tentang jenis-jenis sumber daya alam 
2. Kegiatan inti
Menunjukkan pada peta tempat persebaran sumber daya alam
3. Kegiatan akhir
Mencatat tempat-tempat persebaran sumber daya alam
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Tanya jawab yang berhubungan dengan indikator nomor 5 dan 6 pelajaran di atas
2. Kegiatan inti .
Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
Membuat 
3. Kegiatan akhir
Mengerjakan ulangan harian


VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Peta daerah kabupaten/kota dan provinsi tempat tinggalnya
Gambar berbagai jenis sumber daya alam 
2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 29 - 56 
Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tes
Dilakukan dengan tes tulis bentuk uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Ada berapa macam sumber daya alam itu?
2. Sumber daya alam apa saja yang tidak dapat diperbaharui?
3. Di daerah manakah banyak terdapat kelapa sawit?
4. Provinsi manakah yang menghasilkan gas alam cair terbesar di Indonesia?
5. Kegiatan ekonomi apa saja yang terbesar di daerahmu?

Nontes
Dilakukan dalam bentuk
1. Penugasan : Menunjukkan pada peta tempat-tempat yang terdapat sumber
daya alam di daerah tempat tinggalnya
2. Portofolio : Membuat diagram pembagian sumber daya alam beserta contoh
dan manfaatnya. Kemudian dipresentasikan di depan kelas

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV 

Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke-10 sampai 12 (3 minggu)


I. Standar Kompetensi :
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar : 
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat
(kabupaten/kota, provinsi)
III. lndikator : 
● Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika”
● Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya 
● Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan 
budaya setempat
● Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa
dan budaya setempat
● Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan 
budaya di masyarakat
● Menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya me-
lalui peta

IV. Materi Pokok
Keanekaragaman suku bangsa dan budaya

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 10 - 12)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang pengertian “Bhineka Tunggal Ika” 
Siswa diajak menyanyi lagu ”Garuda Pancasila” 
2. Kegiatan inti
- Menjelaskan pengertian “Bhineka Tunggal Ika”
- Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya
3. Kegiatan akhir
Menunjukkan letak tulisan dalam burung garuda Pancasila
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang keragaman adat istiadat dan budaya yang ada di Iingkungannya 
2. Kegiatan inti
Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat 
3. Kegiatan akhir
- Mencatat rangkuman tentang materi yang diajarkan
- Menyimpulkan hasil diskusi
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Siswa diajak menyanyi lagu yang relevan dengan pembahasan
2. Kegiatan inti
Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa di masyarakat
Menunjukkan keragaman budaya di daerahnya melalui peta
3. Kegiatan akhir
Mengamati peta dan menunjukkannya


VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar-gambar aneka suku bangsa dan budaya
2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 57 - 74
Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tes
Dilakukan dengan tes tulis bentuk isian


Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Bhinneka Tunggalka berasal dari bahasa ....
2. Bhinneka Tunggal Ika artinya walau berbeda-beda tetapi tetap ....
3. Untuk mengikat rasa persatuan dan kesatuan maka perlu mengamalkan
lambang negara kita....
4. Patih Gajah Mada berusaha keras mempersatukan wilayah ....
5. Suku Gayo terdapat di wilayah Provinsi ….
6. Suku Batak terdapat di wilayah Provinsi ….
7. Hutauruk berasal dari suku Batak, Ujang dari Jawa Barat, Jiung dari suku Betawi, Joko
berasal dari suku Jawa, dan I Ketut dari Bali. Boleh berbeda suku tetapi harus tetap ....
8. Sumpah Palapa dicetuskan oleh ....
9. Sumpah Pemuda dikumandangkan pada tanggal ....
10. Persatuan dan kesatuan bangsa menjadi kunci utama ... negara.

Nontes
Dalam nontes ini disajikan dalam bentuk:
1. Kinerja : Siswa maju menyampaikan nama-nama suku di wilayah Jawa
dengan menggunakan peta
2. Produk/hasil : Memberi warna pada burung garuda
3. Portofolio : Membuat poster dengan tulisan huruf tegak bersambung

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga 

Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke 13 sampai 15 (3 minggu)

I. Standar Kompetensi :

Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar : 
Menghargai berbagai peninggalan sejarah di Iingkungan
setempat (kabupaten/kota provinsi) dan menjaga kelestarianya
III. lndikator :
● Mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di Iingkungan 
setempat
● Mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu
tempat dan berbagai sumber
● Mengelompokkan jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan
bersejarah di Iingkungan setempat 
● Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan
setempat
● Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
● Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
● Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat-tempat
bersejarah di Iingkungan setempat

IV. Materi Pokok
Peninggalan sejarah di lingkungan setempat

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 13 - 15)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang peninggalan sejarah 
2. Kegiatan inti
- Mencatat peninggalan sejarah yang ada di Iingkungan setempat
- Mencari dan mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat
3. Kegiatan akhir
Membuat rangkuman dan mencatat macam-macam peninggalen sejarah yang ada di Iingkungan 
Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang cini-ciri peninggalan sejarah
2. Kegiatan inti
- Mengelompokkan jenis dan ciri peninggalan sejarah yang ada di lingkungan setempat
- Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat
3. Kegiatan akhir
Pendalaman materi tentang pengelompokkan peninggalan bersejarah dan menceritakannya di depan kelas
Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Tanya jawab mengulang materi pertemuan 1 dan 2
2. Kegiatan inti
- Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
- Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
- Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Iingkungan
setempat
3. Kegiatan akhir
- Mengumpulkan gambar tempat-tempat peninggalan bersejarah
- Mengumpulkan hasil laporan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah 


VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar-gambar peninggalan bersejarah (misal; Candi Boro-budur, gereja Katedral, masjid Maimun Medan, dan lain-lain)
2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 75 - 86 
Buku pendamping yang relevan


VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tes
Dalam tes ini dilakukan secara tertulis bentuk uraian


Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Siapa yang bertanggung jawab menjaga kelestarian tempat bersejarah?
2. Tulislah apa saja yang termasuk tempat peninggalan bersejarah? 3 saja!
3. Bagaimana cara menjadi bangsa yang baik?
4. Berupa apakah peninggalan sejarah agama Hindu?
5. Di manakah tempat menyimpan benda-benda bersejarah?

Nontes
Dalam nontes ini disajikan dalam bentuk:
1. Penugasan : Menceritakan tentang tempat bersejarah dan asal-usul nama suatu tempat
2. Portofolio : Membuat kliping tentang tempat bersejarah/peninggalan berse- jarah

Catatan: 
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga 


Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke-16 dan 17 (2 minggu)
Materi terakhir untuk jatah semester I

I. Standar Kompetensi :
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar :
Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di
lingkungannya
III. lndikator :
● Menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan 
patriotisme
● Memberi contoh rela berkorban
● Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam
membela bangsa dan negara 
● Menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-
jasa mereka 
● Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar 
● Memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-
hari

IV. Materi Pokok
Meneladani patriotisme dan kepahlawanan


V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan ke-16 dan 17 terakhir untuk semester I)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang kepahlawanan dan patriotisme
2. Kegiatan inti
- Menjelaskan pentingnya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme
- Memberikan contoh sikap rela berkorban untuk sesama 
- Menunjukkan sikap positif jasa pahlawan dalam membela bangsa dan negara dengan bermain peran.
3. Kegiatan akhir
Siswa diajak membuat rangkuman tentang sikap-sikap kepahlawanan, contoh perbuatan rela berkorban, sikap positif jasa para pahlawan.

Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Tanya jawab kepahlawanan dan patriotisme
2. Kegiatan inti
- Menjelaskan cara menghargai jasa-jasa pahlawan 
- Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar 
- Memberikan contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kegiatan akhir
Pemantapan dengan membuat rangkuman tentang jasa-jasa pahlawan dan contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari. 

Pertemuan 3
Ulangan harian: materi pertemuan 1 dan 2 soal di buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga 


VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar pahlawan dan gambar tempat bersejarah
2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 87 - 106
Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tes tulis dilakukan dengan soal uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa sebutan atau gelar untuk Sultan Hasanuddin?
2. Tulislah siapa saja nama-nama pahlawan yang berasal dari Sumatera Barat!
3. Siapakah K.H. Hasyim Asy’ari itu?
4. Siapa pula K.H. Ahmad Dahlan itu?
5. Sebutan apakah untuk nama-nama pahlawan yang berasal dari Aceh?

Nontes
1. Kinerja : Kesungguhan bermain peran dalam menghayati sikap kepahla- wanan dan patriotisme
2. Penugasan : Membuat laporan hasil diskusi tentang contoh sikap dan
patriotisme, rela berkorban, menghargai jasa para pahlawan dan
berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari
3. Portofolio : Membuat cerita tentang pahlawan yang berasal dari daerah tem-
pat tinggalnya (kabupaten/kota atau provinsi) dengan tulisan te-
gak bersambung

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga 

Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)

I. Standar Kompetensi :
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan 
teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar :
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber 
daya alam dan potensi lain di daerahnya
III. lndikator :
● Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah- 
nya
● Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya
● Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
● Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
● Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah
tempat tinggalnya
● Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerah-
nya
● Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,
mineral dan energi dan sumber daya ruang
● Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-
pat sumber daya alam tersebut


IV. Materi Pokok
Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain yang ada di 
daerahnya 

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Siswa diajak mengamati gambar pemandangan alam
2. Kegiatan inti
Menyebutkan apa saja sumber daya alam di daerahnya yang mendukung kegitan ekono-
mi di daerahnya
Mengelompokkan sumber daya alam tersebut sesuai jenis-jenisnya
3. Kegiatan akhir
Merangkum materi pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Siswa diajak menyanyi ”Nyiur Melambai”
Tanya jawab materi pelajaran
2. Kegiatan inti
Menjelaskan tentang manfaat sumber daya alam
Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
3. Kegiatan akhir
Mencatat hal-hal penting tentang manfaat dan melestarikan sumber daya alam

Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Menjawab pertanyaan guru
2. Kegiatan inti
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya
Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
3. Kegiatan akhir
Murid maju menunjukkan melalui peta tempat kegiatan ekonomi di daerahnya

Pertemuan 4
1. Kegiatan awal
Mengamati peta di papan tulis
Menunjukkan tempat dan jenis-jenis sumber daya alam
2. Kegiatan inti
Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam di daerahnya
Menceritakan sumber daya alam yang mendukung kegiatan ekonomi
3. Kegiatan akhir
Bercerita di depan kelas tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan kegiatan
ekonomi di daerahnya

VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar berbagai jenis sumber daya alam
2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 107 - 116
Buku pendamping IPS yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan nontes
Tertulis: Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Tulislah tiga sumber daya alam yang dapat diperbarui!
2. Tulislah tiga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
3. Tulislah potensi ekonomi yang terdapat di daerah tempat tinggalmu!
4. Jelaskan bagaimana cara melestarikan sumber daya alam agar tidak cepat habis atau pu-
nah!
5. Apa saja manfaat sumber daya alam pertanian?

Nontes
1. Performance : Menceritakan di depan kelas tentang manfaat sumber daya
alam bagi kehidupan manusia
2. Portofolio : Membuat pembagian 4 sumber daya alam yang ada di daerah
tempat tinggalnya

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga 


Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 14 - 17 (4 minggu)
Minggu terakhir pada jatah semester II

I. Standar Kompetensi : 
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan 
teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar : 
Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
III. lndikator :
● Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-
ten/kota, provinsi)
● Mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan budaya di
daerahnya
● Menjelaskan akibat terjadinya bencana alam dan penga- 
ruhnya terhadap kegiatan masyarakat
● Menjelaskan manfaat kegiatan sosial di daerahnya
● Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam 
masyarakat
● Menunjukkan tempat kegiatan sosial dan budaya di daerah-
nya
● Membedakan kegiatan sosial dan budaya untuk anak-anak
dan orang tua
● Menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dili-
hatnya di depan kelas atau kelompoknya

IV. Materi Pokok
Masalahan sosial 

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 14 - 17)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Mengamati gambar kegiatan memperbaiki jembatan
2. Kegiatan inti
Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya di daerahnya
Mengelompokkan kegiatan sosial budaya di daerahnya
3. Kegiatan akhir
Merangkum pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Tanya jawab yang berhubungan dengan materi pelajaran
2. Kegiatan inti
Menjelaskan tentang manfaat kegiatan sosial budaya di daerahnya
Menjelaskan akibat bencana alam terhadap kegiatan sosial budaya masyarakat
3.Kegiatan akhir
Menyimpulkan penjelasan guru

Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Melalui gambar murid menunjukkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya masyarakat
2. Kegiatan inti
Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial dan budaya
Menunjukkan tempat kegiatan sosial budaya tersebut
3. Kegiatan akhir
Mendiskusikan dengan kelompoknya kegiatan sosial budaya di masyarakat

Pertemuan 4
1. Kegiatan awal
Tanya jawab materi pelajaran
Melalui pengamatan anak dapat membedakan kegiatan sosial dan budaya di masya-
kat
2. Kegiatan inti
Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat.
Membedakan bentuk kegiatan sosial dan budaya di masyarakat
Menceritakan tentang kegiatan sosial budaya di masyarakat
3. Kegiatan akhir
Menjawab pertanyaan lisan dari gurunya


VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar kegiatan sosial (kerja bakti) dan budaya 
2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 141 - 157
Buku pendamping IPS kelas IV yang relevan

VII. Penilaian
Tes dan nontes 
Tulis : Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Jelaskan yang dimaksud lingkungan sosial!
2. Jelaskan dua akibat jika pertumbuhan penduduk tidak terkendali!
3. Jelaskan dua cara pemerintah dalam mengatasi kebodohan!
4. Jelaskan empat cara melindungi diri dari kejahatan!
5. Tuliskan tiga ciri keluarga miskin!

Nontes
Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:
1. Performance : Bercerita di depan kelas/kelompok tentang masalah sosial dan
budaya di daerahnya
2. Portofolio : Membuat poster tentang kepedulian masalah sosial 


Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 15 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 9 sampai 13 (5 minggu)

I. Standar Kompetensi : 
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan 
teknologi di lingkungan kabupaten kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar : 
Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan 
transportasi serta pengalaman menggunakannya
III. lndikator : 
● Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada
masa lalu dan masa sekarang
● Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan
sekarang
● Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan 
masa kini
● Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi
lalu dan sekarang
● Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi
masa lalu dan masa kini
● Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi
pada masa lalu dan masa sekarang
● Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan
sekarang
● Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan 
masa kini
● Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi
lalu dan sekarang
● Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi
masa lalu dan masa kini
● Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi
pada masa lalu dan masa sekarang
● Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan
sekarang
● Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan 
masa kini
● Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi
lalu dan sekarang
● Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi
masa lalu dan masa kini

IV. Materi Pokok
Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi 

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 9 - 13)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Mengamati gambar bermacam-macam teknologi produksi
2. Kegiatan inti
Mengelompokkan teknologi produksi masa lalu dan masa kini
Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
Menunjukkan peralatannya
Menyebutkan macam-macamnya
Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
Menggunakan teknologi tersebut secara sederhana
3. Kegiatan akhir
Membuat simpulan tentang teknologi produksi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Mengamati gambar bermacam-macam teknologi komunikasi
2. Kegiatan inti
Mengelompokkan teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
Menunjukkan peralatannya
Menyebutkan macam-macamnya
Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
Menggunakan teknologi komunikasi secara sederhana
3. Kegiatan akhir
Membuat simpulan tentang teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini


Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Mengamati gambar bermacam-macam teknologi transportasi
2. Kegiatan inti
Mengelompokkan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
Menunjukkan peralatannya
Menyebutkan macam-macamnya
Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
Menggunakan teknologi transportasi secara sederhana
3. Kegiatan akhir
Membuat simpulan tentang teknologi transportasi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 4
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
2. Kegiatan inti
Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ulangan formatif
3. Kegiatan akhir
Menilai hasil pekerjaan murid

Pertemuan 5
Dalam pertemuan ke- 5 ini diberikan ulangan blok dari bab 7, 8, dan 9 dengan berbagai
bentuk soal 

VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar bermacam-macam teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi
2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 125 - 140
Buku tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

VI. Penilaian
Tes dan nontes 
Tertulis : Isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Membuat kerupuk dengan tangan termasuk teknologi ....
2. Telepon yang tidak menggunakan kabel disebut telepon ....
3. Mobil, kereta api, dan pesawat termasuk teknologi ....
4. Salah satu ciri transportasi masa lalu adalah ....
5. Penemu telepon adalah ....

Nontes
Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:
1. Performance/kinerja : Bercerita di depan kelas/kelompoknya tentang teknologi produk-
si, komunikasi atau transportasi
2. Produk/hasil : Menggambar salah satu dari ke tiga teknologi tersebut
3. Portofolio : Mengisi tabel tentang ke tiga teknologi tersebut

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga 

Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 15 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 9 sampai 13 (5 minggu)

I. Standar Kompetensi : 
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan
teknologi di lingkungan kabupaten kota dan provinsi

II. Kompetensi Dasar : 
Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan
transportasi serta pengalaman menggunakannya

III. lndikator : 
● Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada
masa lalu dan masa sekarang
● Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan
sekarang
● Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan
masa kini
● Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi
lalu dan sekarang
● Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi
masa lalu dan masa kini
● Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi
pada masa lalu dan masa sekarang
● Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan
sekarang
● Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan
masa kini
● Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi
lalu dan sekarang
● Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi
masa lalu dan masa kini
● Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi
pada masa lalu dan masa sekarang
● Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan
sekarang
● Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan
masa kini
● Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi
lalu dan sekarang
● Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi
masa lalu dan masa kini

IV. Materi Pokok
Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 9 - 13)
Pertemuan 1
1. Kegiatan awal
Mengamati gambar bermacam-macam teknologi produksi
2. Kegiatan inti
Mengelompokkan teknologi produksi masa lalu dan masa kini
Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
Menunjukkan peralatannya
Menyebutkan macam-macamnya
Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
Menggunakan teknologi tersebut secara sederhana
3. Kegiatan akhir
Membuat simpulan tentang teknologi produksi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 2
1. Kegiatan awal
Mengamati gambar bermacam-macam teknologi komunikasi
2. Kegiatan inti
Mengelompokkan teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
Menunjukkan peralatannya
Menyebutkan macam-macamnya
Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
Menggunakan teknologi komunikasi secara sederhana
3. Kegiatan akhir
Membuat simpulan tentang teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini


Pertemuan 3
1. Kegiatan awal
Mengamati gambar bermacam-macam teknologi transportasi
2. Kegiatan inti
Mengelompokkan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
Menunjukkan peralatannya
Menyebutkan macam-macamnya
Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
Menggunakan teknologi transportasi secara sederhana
3. Kegiatan akhir
Membuat simpulan tentang teknologi transportasi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 4
1. Kegiatan awal
Tanya jawab tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
2. Kegiatan inti
Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ulangan formatif
3. Kegiatan akhir
Menilai hasil pekerjaan murid

Pertemuan 5
Dalam pertemuan ke- 5 ini diberikan ulangan blok dari bab 7, 8, dan 9 dengan berbagai
bentuk soal

VI. Alat dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar bermacam-macam teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi
2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 125 - 140
Buku tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

VI. Penilaian
Tes dan nontes
Tertulis : Isian
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Membuat kerupuk dengan tangan termasuk teknologi ....
2. Telepon yang tidak menggunakan kabel disebut telepon ....
3. Mobil, kereta api, dan pesawat termasuk teknologi ....
4. Salah satu ciri transportasi masa lalu adalah ....
5. Penemu telepon adalah ....

Nontes
Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:
1. Performance/kinerja : Bercerita di depan kelas/kelompoknya tentang teknologi produk-
si, komunikasi atau transportasi
2. Produk/hasil : Menggambar salah satu dari ke tiga teknologi tersebut
3. Portofolio : Mengisi tabel tentang ke tiga teknologi tersebut

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV
Erlangga 

Gendowang,…………………..
Guru Kelas 4

SARSIDI,S.Pd.











Satuan Pendidikan : SDN 01 Gendowang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / I
Hari / Tanggal : Selasa, 28 Oktober 2011
Waktu : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi
Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

B. Kompetensi Dasar
Melakukan operasi hitung campuran

C. Indikator
1. Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan perkalian.
2. Menyebutkan aturan pengerjaan hitung campuran.
3. Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakannya dalam pemecahan soal.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan perkalian.
2. Menyebutkan aturan pengerjaan hitung campuran.
3. Menentukan aturan operasi hitung campuran dan menggunakannya dalam pemecahan soal.

E. Materi Pembelajaran
Operasi Hitung Campuran

F. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (5 menit
 )
• Salam
• Doa
 
• Presensi
• Apersepsi
- “Anak-anak, di kelas 3 kalian sudah mempelajari penjumlahan dan pengurangan”
- “Pada pembelajaran yang lalu kalian juga sudah mempelajari perkalian dan pembagian kan?”
- Nah anak-anak pada hari ini kita akan mempelajari tentang operasi hitung campuran.”
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

2. Kegiatan Inti (45 menit
 )
• Tanya jawab tentang aturan pengerjaan operasi hitung campuran Tanya Jawab
• Guru menerangkan media tentang aturan pengerjaan operasi hitung campuran
 
• Siswa ditunjuk menyelesaikan contoh soal operasi hitung campuran di papan tulis Penugasan
• Siswa yang lain menanggapi hasil pekerjaan temannya
 
• Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok (Satu bangku dua orang)
 
• Setiap kelompok mengerjakan LKS tentang operasi hitung campuran
• Perwakilan dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas dan kelompok yang lain melengkapi
 
• Guru memberikan penguatan dan penilaian tentang hasil kerja masing-masing kelompok
 
• Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari Tanya Jawab
• Siswa diberikan kesempatan bertanya materi yang belum dipahami
Tanya Jawab

3. Kegiatan Akhir (20 menit
 )
• Guru membagikan soal evaluasi
• Siswa mengerjakan soal evaluasi
• Siswa mengumpulkan soal evaluasi Penugasan
• Kesan-kesan siswa yang berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan Tanya Jawab
• Saran-saran dari siswa untuk pembelajaran berikutnya agar lebih baik
 
• Guru mengakhiri pelajaran
 
• Doa dan salam penutup
 



G. Media dan Sumber Belajar
1. Media
• Contoh penyelesaian operasi hitung campuran

2. Sumber Belajar
• Kurikulum KTSP 2006 Pelajaran Matematika Kelas IV Semester I
• Tim Bina Karya Guru. 2007. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga
• Akhsin, Nur, dkk. 2006. Matematika untuk Kelas IV SD/MI. Klaten: Cempaka Putih

H. Penilaian
• Prosedur Penilaian : Proses dan Akhir
• Teknik Penilaian : Tes
Jenis Tes : Tertulis
Bentuk Tes : Subyektif
• Alat Penilaian : Lembar soal dan lembar pengamatan
• Kriteria Penilaian :
1. Penilaian proses didasarkan pada kegiatan siswa selama mengikuti KBM. Aspek yang dinilai adalah :
a. Keaktifan siswa selama KBM
b. Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
c. Kerjasama dalam kelompok
2. Penilaian akhir didasarkan pada hasil kerja siswa dalam mengerjakan LKS dan soal evaluasi

I. Lampiran
1. Ringkasan materi
2. LKS (Lembar Kerja Siswa)
3. Kunci Jawaban LKS
4. Lembar soal tes akhir dan kunci jawaban
5. Format penilaian proses dan hasil